Tingkatan Sabuk KYU dan DAN Pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Saturday, June 7, 2014 6 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Tingkatan Sabuk KYU dan DAN Pada Kyokushin Karate

Sabuk beladiri digunakan untuk menunjukkan kesenioran seorang karateka. Untuk menyandang sabuk pada tingkat DAN tidaklah mudah, ujian dan tes kelayakannya sangat berat dan panjang. Tetapi sabuk ini hanya berlaku di dalam dojo saja, sedangkan di luar dojo, semua karateka mempunyai status sosial yang sama. Berikut ini tingkatan sabuk dari Kyokushin Karate pada umumnya.

Contoh Sabuk Black Belt dengan tingkat DAN 5

Pada Kyokushin, tingkatan sabuk dibagi menjadi 2 bagian, yaitu KYU dan DAN. KYU adalah tingkatan sabuk berwarna, sedangkan DAN adalah tingkatan sabuk hitam setelah melewati 10 tingkatan KYU.

Tingkatan sabuk KYU :

KYU 10 / 9 : putih
KYU 8 : biru
KYU 7 : biru strip
KYU 6 : kuning
KYU 5 : kuning strip
KYU 4 : hijau
KYU 3 : hijau strip
KYU 2 : coklat
KYU 1 : coklat strip

Tingkatan KYU dimulai dari KYU 10/9 yang berwarna putih dan berakhir pada KYU 1 yang berwarna coklat strip. KYU 10 dan KYU 9 menjadi satu tingkatan dengan warna putih, jadi kalau naik tingkat dari sabuk putih, pasti langsung ke biru, tidak ada putih strip.
Strip pada sabuk Kyokushin adalah berupa satu tambahan garis warna hitam di ujung sabuk. Beberapa aliran kyokushin yang lain memiliki warna orange sebagai pengganti warna putih. Perbedaan antara KYU dan DAN adalah jika KYU, dimulai dari angka 10 menuju 1, sedangkan DAN dimulai dari 1 menuju 10.

Tingkatan sabuk DAN:

DAN 1 : Shodan
DAN 2 : Nidan
DAN 3 : Sandan
DAN 4 : Yodan
DAN 5 : Godan

Tingkatan DAN dimulai dari DAN 1 dan berakhir di DAN 5. kenapa 5? karena pada kyokushin PMK, sebagai kyokushin pertama dan tertua di indonesia, pendirinya menyandang gelar DAN 5 dari Grandmaster Masutatsu Oyama sendiri yang tentunya berada pada tingkatan DAN 10. Beberapa aliran lain pun memiliki batasan ini, termasuk shinkyokushin di indonesia. Dengan ini, tingkatan maksimal sabuk karateka adalah DAN 4, kecuali untuk alasan tertentu. Tetapi walaupun kyokushin hanya bisa mencapai maksimal DAN 4, tapi kemampuan karateka kyokushin DAN 4 sudah pasti sangat istimewa. Hingga saat ini hanya segelintir orang yang mencapai DAN 4 ini.

Tetapi, kondisi ini tidak terlihat di beberapa aliran kyokushin di indonesia yang berafiliasi ke Jepang atau negara lain secara langsung. Sehingga sangat dimungkin bila ada perguruan kyokushin di Indonesia yang tingkatan sabuknya melebihi DAN 5.

Tingkatan DAN ini digambarkan dengan garis emas pada ujung sabuk. Jika DAN 1 maka garis emasnya 1, jika dan 5 maka garis emasnya 5. Bisa dibayangkan banyaknya garis emas dari sabuk Grandmaster Masutatsu Oyama yang berjumlah 10.

Sabuk pada kyokushin merupakan tolak ukur dari pencapaian seorang karateka. Semakin tinggi tingkatan seorang karateka, semakin tinggi porsi latihan yang diberikan, beban mental, jumlah kata yang harus dihafalkan, kemampuan kumite, ketahanan fisik, tehnik gerakan, dan lain sebagainya. Materi pengenalan kumite mulai diberikan ketika karateka mencapai sabuk biru atau kyu 8 secara perlahan. Setelah mencapai sabuk kuning, maka karateka dituntut harus mampu untuk melakukan kumite.

Semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tingkatan Sabuk KYU dan DAN Pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/06/tingkatan-sabuk-kyu-dan-dan-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

6 comments:

Narayana 734 said...

Mantaph... .

Syauqi said...

Terima kasih narayana 734...

Unknown said...

Hebat.

Unknown said...

Saya ingin bertanya, adakah murasaki obi itu tali pinggang jingga atau ungu? terima kasih.

Syauqi said...

Oss.

Cefy Fadillah, terima kasih.

Shamsul Firdaus Rizyan, saya coba jelaskan sebatas pengetahuan saya.

setahu saya, aliran karate sangat banyak, masing-masing mempunyai peraturan sendiri tentang warna sabuk. ada yang dari putih, biru, kuning, hijau, coklat, hitam. ada juga yang putih, kuning, oranye, hijau, biru, ungu, coklat merah hitam. semua tergantung perguruan karate masing-masing.

tetapi biasanya terdiri dari tingkatan KYU yaitu sabuk berwarna, kemudian tingkatan DAN.

oss.

Unknown said...

Kalo warna sabuk kyokushin karate itu tergantung daerahnya bang,kalo di Bekasi g ada sabuk orange.tapi kalo di luar mungkin ada,kata guru saya itu tergantung dari perguruan masing masing dan perguruan itu ikutin aturan yg ada di Jepang atau engga

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg