Kihon, Gerakan Basic Di Karate Kyokushin

Posted by Syauqi Monday, September 1, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Kihon, Gerakan Basic Di Karate Kyokushin

Gerakan-gerakan kihon sangat monoton dan membosankan. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa hanya orang yang sudah tua-tua saja yang sudah tidak punya fisik dan stamina baik yang seharusnya belajar kihon. Tapi pendapat mereka keliru. Justru sebaliknya, kihon sangat penting dalam membangun reflek dan ketangkasan dalam kumite. Berikut ini penulis akan mencoba menjabarkan tentang kihon.

Grandmaster Masutatsu Oyama yang sedang melakukan kihon dengan murid-muridnya

Kihon adalah gerakan-gerakan dasar pada karate yang dilakukan dengan urutan dan kuda-kuda tertentu. Perguruan selalu melatih kihon kepada setiap warganya di pada latihan pertama. Warga diberi contoh gerakan oleh pembina yang berada di depan, yang kemudian mengikutinya sesuai hitungan dari pembina.

Kihon dipimpin oleh seorang pembina dengan memberi contoh kemudian diikuti aba-aba dan hitungan

Kihon disusun oleh Grand Master Masutatsu Oyama sendiri. Beliau mengatakan bahwa seluruh gerakan ini harus dilakukan masing-masing 100 kali per hari untuk bisa menjadikan kita ahli dalam gerakan-gerakan tersebut.

Mempelajari dan melatih kihon ini selalu menjadi salah satu tugas untuk warga pemula yang harus diselesaikan. Mereka harus bisa menghafal gerakan beserta nama jepangnya, kapan puncak serangannya, bagian tangan apa yang dipukulkan dan bagian tubuh lawan mana yang diserang.

Pemanasan sebelum dilakukannya kihon, pemanasan dan kihon merupakan inti dari latihan pertama di dojo.

Kihon ini berbeda-beda di setiap tempat. Terkadang ada penambahan dan pengurangan. Penulis mengambil contoh pada kyokushin aliran PMK sebagai aliran kyokushin tertua di Indonesia. pada kyokushin PMK, ada tambahan varian dari Hiji Oroshi Uchi, yaitu Hiji Oroshi Uchi yang atas dan Hiji Oroshi Uchi yang bawah. Sedangkan Hiji Oroshi Uchi yang asli tidak dihilangkan.

Berikut ini ada video contoh gerakan Hiji Oroshi Uchi yang asli:



Shihan Nardi T. Nirwanto SA., pada sela-sela briefing pertandingan di Surabaya pernah ditanya oleh seorang warga bahwa kenapa dua gerakan tersebut tidak ditemukan di kurikulum kyokushin internasional. Beliau menjawab sambil setengah memperagakannya bahwa beliau menambahkannya karena gerakan itu perlu untuk self defend ketika disergap dari belakang.

Melakukan kata bersama-sama dalam dojo

Sekarang, pertanyaannya adalah apa manfaat dari kihon ini selain membosankan dan monoton? Warga sering merasa tidak perlu mengulang gerakan kihon berulang kali, sehingga kebanyakan karateka hanya melakukannya dengan asal-asalan agar sekedar tidak ditegur pembina.

Ketika kita melakukan satu hal secara berulang-ulang, pertama-tama kita akan pelan-pelan melakukannya karena kita belum terbiasa. Gerakan masih melenceng dan tidak fokus adalah wajar. Kita harus konsentrasi untuk bisa melakukannya. Setelah beberapa lama, otak kita sudah hafal dengan gerakannya dan tidak perlu berhati-hati dalam melakukannya. Setelah cukup lama, otak kita akan bisa merekamnya dengan baik sampai-sampai kita bisa tetap melakukan gerakan itu sambil ngobrol dengan sebelah kita. Dan ketika kita sudah sangat lama melatihnya, maka otak kita akan hafal gerakannya walaupun tidak dalam posisi kuda-kuda dan tidak dalam keadaan siap. Pada fase ini, reflek kita yang akan mengambil alih.

Contoh kihon oleh warga karate yang dilakukan dengan gerakan berjalan
Contoh kata oleh warga senior. Serempak dan seirama.
Melakukan latihan gabungan dengan dojo-dojo lain supaya lebih rame merupakan cara untuk menghilangkan rasa jenuh ketika latihan.
Latihan di tempat terbuka sangat menyenangkan untuk dilakukan. Seringkali kegiatan ini dalam bentuk jambore sekaligus memperingati ulang tahun perguruan.

Jadi, orang yang tidak mempelajari kihon dengan baik sama saja dengan langsung terjun ke kumite tanpa punya bekal, kemudian babak belur karena tidak bisa menyerang dan menangkis dengan baik dan ujung-ujungnya kapok latihan dan tidak pernah muncul lagi ke dojo. Hal ini sering terjadi ketika seorang karateka baru terlalu percaya diri dan ingin hasil instan.

Kesimpulan

Jangan setengah-setengah ketika melakukan kihon karena kihon ini landasar dasar dalam mempelajari beladiri kyokushin ini. Dengan melatih kihon yang benar, kita bisa melakukan semua kihon ini dengan seketika dan spontan. Kihon adalah cerminan serangan-serangan kita di kumite, kalau kihon kita baik, maka serangan kita akan baik dan efektif, begitu juga sebaliknya.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kihon, Gerakan Basic Di Karate Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/09/kihon-gerakan-basic-di-karate-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg